Aku belajar, diajar, dan mengajar … Tahap awal

Ibuku adalah … Guruku

Aku yang masih bisa menghirup udara bersih di sekitar rumahku walaupun ada di daerah perkotaan di sebuah kota yang terkenal akan pendidikannya ini telah melewati banyak hal tentang kehidupan. Salah satu sisi kehidupan yang masih lekat menyertaiku sampai sekarang adalah dunia pendidikan. Hidupku sekarang ini memang sudah total aku dedikasikan untuk pendidikan karena betapa besar arti pendidikan ini buat hidupku sekarang sampai pada kehidupan setelah nyawa lepas dari ragaku.
Aku belajar, aku diajar dan sampai aku mengajar, merupakan rentetan peristiwa yang tidak pernah lepas dari hidupku sampai saat ini. Aku ingin berbicara tentang belajar, diajar dan mengajar. Aku ingin berbagi dengan semua sejawatku. Aku ingin kisahku bisa dijadikan bahan renungan. Aku ingin menceritakan apa yang ada dalam pikiranku dengan bahasa dan gaya … aku
Aku belajar, mulai kapan aku belajar? Sejak dilahirkan aku sudah mulai belajar. Belajar menangis, mungkin karena ketakutan telah keluar dari rahim seorang ibu yang damai dan masuk kedalam dunia yang penuh dengan fatamorgana. Belajar membuka mata, mungkin karena selama didalam rahim tidak pernah melihat yang namanya dunia selain dunia rahim, de el el … tentang banyak hal yang belum pernah aku lihat selama didalam rahim.
Semua hal diatas telah terjadi dengan sendirinya. Saat pertama kali menangis, ternyata ibuku tidak menyuruh untuk melakukannya. Begitu pula dengan hal-hal lainnya. Memang pada akhirnya aku mendapatkan bimbingan dari ibuku untuk melakukan hal-hal yang belum pernah aku lakukan atau sudah pernah tapi cara melakukannya tidak benar. Ibuku selalu menuntun dan memberi tahu cara untuk melakukan itu semua, dan aku dibiarkan untuk berkembang sendiri dan berlatih. Ibuku bukanlah seorang guru, tetapi bisa mendorong dan menuntun hingga aku bisa melakukan apa yang belum pernah aku lakukan sebelumnya.
Apa arti semua ini? Apakah pada saat itu aku sudah bisa mengerti apa yang diucapkan oleh ibuku? Ibuku memang berbicara kepadaku tapi juga langsung memberikan contoh nyata. ”Begini lho Gus cara berpegangan itu, begini lho cara berjalan itu, dan seterusnya … dan seterusnya”. Ternyata ibuku adalah seorang guru bagiku, yang telah berbicara dan langsung memberikan contoh nyata dalam melakukan sesuatu … dan ternyata aku bisa melakukannya.

1 Comment

  1. hi pak bilal,
    mmm…diajar…belajar….dan akhirnya mengajar…rasanya suatu proses yang amat menarik, bukan hanya di lingkup akadmik ( di sekolah ) saja, melainkan disetiap kehidupan, ketiga proses tersebut pasti ada……
    salah satu contoh yang paling nyata ketika bekerja…pertama kali kita terjun didalam bekerja, kita akan diAJAR oleh para senior kita…..selanjutnya Ketika kita sudah merasa bisa, tetapi hasil kerja yang kita raih belum dapat memuaskan orang lain, kita akan berusaha untuk terus BELAJAR…..dan pada akhirnya jika hasil kerja kita sudah dapat dan bisa dimanfaatkan orang lain, kita harus bisa MENGAJARkan yang kita peroleh tsb kepada orang lain…..
    “”HIDUP ADALAH PERBUATAN (DIAJAR…BELAJAR…MENGAJAR) itusih sih kata sutrisno bacrir lho pak (ketua PAN)..terus HIDUP ADALAH TANGGUNG JAWAB (Tanggung jawab untuk mengajar, belajar)..ini juga kata salah satu partai….heheheheh…”
    dan intinya: proses diajar…belajar…..mengajar..rantaian prose yang tidak akan terpisahkan dan tidak akan pernah berhenti…….karena Tuhan (ALLOH SWT) menciptakan kita untuk melakukan proses tersebut dalam kehidupan ini….

    thx
    dony (alumnus SMF PI 1997, mahasiswa prodi farmasi Insitut Sains Teknologi Nasional Jakarta (ISTN), employee Global Assistance Healthcare International Jakarta)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

