Studi Kasus

Seorang sopir taxi datang ke sebuah apotek mengeluh kalau buang air kecil merasakan sakit nyeri yang luar biasa dan panas di bagian alat vitalnya. Air kencingnya berwarna kuning keruh seperti ada nanahnya. Hal itu dirasakan setelah beberapa hari yang lalu berhubungan dengan seorang PSK (pekerja seks komersil). Sopir tersebut juga mengatakan bahwa dirinya belum pernah sakit seperti sekarang ini.

KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) seperti apakah yang bisa anda lakukan?

Apabila anda adalah mahasiswa Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang, sebutkan Nama & NIM anda. Ada bonus yang menarik buat anda!!

9 Comments

  1. menurut saya, sebaiknya pegawai apotek menanyakan apakah pasien menggunakan alat kontrasepsi (mis. kondom) saat melakukan hubungan dengan psk. jika tidak, kemungkinan pasien terjangkit penyakit menular seksual (pms). penyakit menular seksual akan lebih beresiko bila melakukan hub, seksual dengan berganti-ganti pasangan. tanda-tanda pms pada laki-laki antara lain: lecet/borok pada penis, rasa gatal yang hebat di sepanjang alat kelamin, rasa sakit hebat saat kencing.nanah dan berdarah saat kencing. sebaiknya pasien memeriksakan nanah yang keluar saat kencing untuk memastikan jenis bakterinya. tapi berdasarkan gejalanya, saya berpendapat bahwa si pasien mengidap peny.gonore.yang disebabkan bakteri nelsseria gonorrheae. ada masa tenggang 2-10 hari setelah kuman msk sampai tjd gejala. maka pegawai dapat memberikan pengobatan oral selama satu minggu dengan doksisiklin (mis. dotur 100mg dg harga 17500 untuk 10kaps. hari pertama 200mg,100mg sebelun tidur dan untuk selanjutnya2*100mg selama 3 hari). dan menyarankan pasien tdk melakukan hub. dengan berganti-ganti pasangan. atau menggunakan kondom saat berhub.

  2. KIE yang saya berikan sebagai pegawai disebuah apotek adalah pertama saya akan menanyakan apakah si sopir tersebut menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom atau tidak saat berhubungan intim. perlu diingat bahwa penyakit kelamin dapat menular melalui hub intim apabila pasangannya tiap kali berhubungan lain orang karena kebanyakan PSK yang sudah berpengalaman dan banyak terjun dilapangan, dia terkena penyakit kelamin. gejala awal yang muncul adalah susah buang air kecil dan terasa sakit. lama kelamaan akan keluar nanah yang terasa tambah sakit. untuk orang yang gemar berhub dg PSK sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom atau femidom, meskipun tindakan ini tidak menjamin 100% terhindar dari penyakit bahaya ini. tapi setidaknya dapat meminimalkan. pengobatannya dapat diberikan doksisiklin secara peroral secara teratur. kepada si sopir sebaiknya tidak melakukan hub itu lagi. bagi semua kaum adam dan hawa sebaiknya setialah pada pasangan masing-masing.
    FIFI WIJAYANTI/AKFAR4/06.024

  3. Dari studi kasus di atas, dapat diindikasikan pasien tersebut mengalami salah satu dari banyak macam PMS(Penyakit menular seksual), indikasi ini didukung oleh adanya pengakuan pasien yang telah berhubungan seksual dengan PSK. Kemungkinan pasien tsb tidak memakai alat kontrasepsi seperti kondom( baik kondom pria maupun kondom wanita) sehingga proses penularan bakteri dari vagina PSK ke penis Pasien tsb. Dapat diperkirakan dari gejala yang dialami pasien yaitu nyeri luar biasa&kencing nanah dari alat kelaminnya pasien tsb mengidap gonore yang disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrheae. Saya sbg farmasis akan memberikan 2 macam solusi pengobatan. pertama, pasien diberikan antibiotik yang sesuai seperti amoxisilin dan penisilin, dan anti nyeri seperti asam mefenamat. Perlu dikombinasikan dg Probenecid untuk meningkatkan efektivitas amox&ampi, karena mekanisme kerka probenecid adalah apabila diinteraksikan dg amox&ampi akan meningkatkan jumlah amox&ampi pada serum darah. sehingga efek amox&ampi akan lebih maksimal. Kedua, apabila pasien kembali lagi ke apotik dg keluhan yg sama, maka dapat diindikasikan pasien tsb resisten/kebal thd amox&ampi. saya akan memberikan oral antibiotik Supramox yang mengandung amoxisillin trihidrat setara dengan amoxosillin anhidrat tab 500mg/kapsul/sirop kering. Supramox ini mempunyai cara kerja dengan menghambat sintesa dinding bakteri, dan efektif terhadap bakteri gram (+) /pun(-) yang peka terhadap amoxisillin dan ampicillin. Sebaiknya pasien diberikan informasi tentang cara konsumsi antibiotik yang benar, yaitu minimal 10 hari. Antibiotik yang diberikan harus habis diminum, untuk pencegahan resistensi antibiotik. dan diberikan antinyeri seperti as,mefenamat. Sebaiknya pasien diberi informasi pentingnya alat kontrasepsi saat berhub, seperti kondom(baik kondom wanita/pria)
    NOVITA ANJARSARI/AKFAR IV/06.056

  4. ass,menurut saya jika saya sebagi pegawi di apotek tersebut saya akn memberikan KIE, sesuai dengan tanggung jawab saya sebagai AA hal pertama yang saya lakukan adalah: SAYA akan menanyakan kepada bapak taksi tersebut apakah beliau sering melakukan hubungan seks sual secara bebas tanpa mengunkan alat pengaman seperti kondom misalnya,atau pun beliau sering berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seks sual???kalo benar begitu kemungkinan besar rasa sakit yang beliau rasakan saat ini adalah dampak dari hubungan tersebut, selanjutnya tugas saya nenberikan informasi kepada beliau bahwa sanya melakukan hubungan seks sual dengan berganti-ganti pasangan itu tidak baik selain merugikan diri sendiri juga merugikan pasangan kita karena akibat dari hubungan tsb dapam menimbulkan berbagai penyakit seperti HIV, dan penyakit kelamin lainya.dimana jika sudah parah bisa menyebabkan kematiaan.
    Kalo melihat keluhan yang disampaika bapak taksi tersebut saya berpendapat bahwa bapak tsb terkena penyakit kelamin atau penyakit yang disebut (PMS) Penyakit menular seks sual ini banyak macam nya antara lain: Go atau gonone,sifilis (raja singga),herpes genital,klamidia,kutil kelamin dan masih banyak lagi.kalo melihat ciri-cirinya bapak tsr kena GO atau gonone,dimana tanda-tanda pentakit ini sama persis yang dikeluhkan bapak tsb,salh satu penyebab penyakit ini adalah hubungan seks bebas dengan cara berganti-ganti pasangan.GO ini disebabkan kuman ,Neisseria Gonorrhoeae ,massa tenggang selama 2-10 hari setelah kuman masuk dalam tubuh melalui hubungan seks,salah satu akibat dari penyakit Go ini adalah menyebabkan kemandulan baik pria atau pun wanita,(PMS) DAPAT DIOBATI, saty-satunya cara adalh berobat ke dokter atau tenaga kesehatan .jika terkena PMS, pasangan kita juga harus diperiksa dan diobati jangan mengobati diri sendiri????utuk obatnya saya menyarankan doksisiklinselama seminggu dengan pengobatan secara oral.

  5. Sebagai seorang farmasis, saya akan bertanya dahulu kepada bapak tersebut, apakah ketika melakukan hubungan seksual bapak tersebut menggunakan alat pengaman atau alat kontasepsi berupa kondom. Jika bapak tersebut mengatakan tidak, kemungkinan besar bapat tsb terkena Penyakit Menular Seksual (PMS). PMS biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, baik melalui vagina, oral maupun anal. Pada laki-laki tanda PMS antara lain : luka dan warna merah pda kelamin, rasa gatal dan sakit yang hebat pada saat kencing, kencing nanah, bengkak dan nyeri pada pangkal paha. Berdasarkan gejala-gejala yang ditimbulkan, saya berpendapat bahwa bapak tsb menderita penyakit Gonore (GO) Kuman penyebabnya adalah Neisseria gonorrhoeae. Masa tenggangnya selama 2 -10 hari setelah kuman masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seks.
    Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik, yaitu Dosisiklin per-oral (melalui mulut) selama 1 minggu
    Saya akan menganjurkan untuk memeriksakan pada dokter tentang penyakit yang dideritanya. agar dapat ditindak lanjuti. jika setelah melakukan hubungan seks dengan PSK, bpak tsb melakukan hubungan seks lagi dengan istrinya, Tidak ada salahnya jika ikut memeriksakan pasangannya (istri), untuk mengetahui apakah pasangannya tidak ikut terkena penyakit Gonore. Selain itu, selama masa pengobatan, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual. Jika berhubunga seksual, sebaiknya menggunakan Kondom dan selalu menjaga kebersihan alat kelamin.

  6. WaDuh kaSusnyA kerEn?!!HeHe..
    MenaNgGapi kaSus sUpiR taXi tersEbut, HaL yang pertama sayA LakukaN aDalah SaLam SapA SEnyuM..HehE??
    Dari geJala Yang diseButkan Dan muLa terJadinya sAkit paDa alat keLaminnYa beBerapa hari Setelah berHubunGan deNgan seOrang PSK, sopiR taXi terseBut daPt dikaTAkn TerKena PMS (penyakiT meNular SeksUaL), yaiTu Gonore yang yang disebabkan oleh neisseria gonorrhoeae, Gejalanya sePerti nyEri pada kelamin, Air SeNi berWarna keRuh, Keluar NanaH pd kelamiN,dll.
    MungkiN paDa saaT BerhuBungaN supir terseBut tidaK meNggunakaN aLat Kontrasepsi seperti koNdom/femidoM untuk pErempuan, sehingga peNularan peNyakit saNgat mudah-wOng pAke’ saJa maSh bsA tertULar,.Y kaN??
    KIE yang dapAt saYa BeriKAn paDA sUpir tsB YAng pertaMA adAlah memberitaHu jika dia terKena PMS goNore, yaNg diTularkan PSK MelAlui hubunGAn seKs. daN MenginfoRmasikan Jika goNore dapAt ja tertuLAr meLalui ciuMan.
    jeniS oBat yang Saya berikaN adaLAh Antibiotik SepErti penisilin, ampisilin, amoksisilin. dan jangan lupa Untuk Memberi taHu Untuk meMinuM saMpai Habis Antibiotik tsB untuK meNcegah terjadinya reSistensi baKteri. SAya juGa akaN menyaRankan unTuk pEriksa Laboratorium untUk mengetahui kemungkinan adanya penyakit selain gonore seperti sifilis (raja singa), atau HIV/AIDS.
    Penting juga menginformasikan untuk tidak berhubungan deNgan seMbarang orang daN seLAlu meNggunakan alT kontrasepsi. jiKa sudaH berkeluarga agaR selalu memperikSakan Kesehatan…C.U…

  7. Weit’z serem banget tuH sakitNya, makanya pAk…jGn neko”, cari yang haLal aja napa??? untuk KIE yang dPt saya beriKan aDaLah bertanya dahuLu pada bepak tSb suDah bRp kali meLakukan huB.tErLarang tersebut (terutama dengan PSK).Apakah bapak tidak memaki alat konTrasepsi seperti kondom pada saat melakukan Hub tSb?apabila bapak tidak memakai Alat pengaman (koNtRasepsi) dan juga sering melakukan hubungan terlarang tersebut ApalaGi dengan seorang PSK yang lazimnya sering juga berganTi” pasaNgan, maka beSar kemunGkinan Bapak terkena penyakit kelamin Gonorrhea kRn teRtuLar Oleh PSK tsB yang disebabkan oleh bakteri neisseria gonhorreae dengan gejaLa seperti yG baPak sebutkan tD.

    Untuk langkah selanjutnya adalah dengan saran memeriksakan istrinya, Apakah dia juGa kut tertuLar/tiDak.sebaikNya bapak juGa perikSa lebih lanjut ke Dokter.
    apabila bapak menginginkan aman, sebaiknya baopak tidak melakukan hub.seks duLu seLama dalam masa Pengobatan. dan apabila bapak telah sembuh jika melakukan hub.seks sebaiknya dilakukan antisipasi dengan memakai Alat kontraSepsi supaya AMAN,,,,,,

  8. ass, pak bilal.
    menurut saya, kie yang saya berikan antara lain :

    a. penyakit penular akibat berhubungan seks bebas.
    b. penggunaan alat kontrasepsi, contohnya kondom. kondom ini cukup efektif untuk mencegah kehamilan. prosentase kondom untuk mencegah kehamilan adalah 90%, karena ukuran pori-pori dari kondom tersebut lebih kecil daripada ukuran sperma sendiri. apabila si pria tidak mau menggunakan kondom maka ada alternatif lain yaitu bagi sang cewek menggunakan kondom wanita. memang kondom wanita lebih mahal daripada kondom pria.tetapi tidak dapat menjamin akan tertular kondom.
    c. memberitahukan bahwa dampak yang ditimbulkan dari sex bebas, yaitu dapat tertular penyakit seks yang berbahaya antar lain AIDS, GOdan HERPES dll.
    d.memberitahu gejala2 penyakit yang dialami oleh pasien. dalam kasus ini, pasien mengalami tanda2: lecet/borok pada penis, rasa gatal dikelamin, rasa sakit hebat saat kencing.nanah dan berdarah saat kencing.
    e. sebaiknya pasien memeriksakan nanah yang keluar saat kencing ke laboratorium agar pasti untuk memastikan jenis bakterinya.

    saya berpendapat bahwa si pasien mengidap peny.gonore.yang disebabkan bakteri nelsseria gonorrheae. ada masa tenggang 2-10 hari setelah kuman msk sampai tjd gejala.

    untuk obat yang cocok bagi pasien, antara lain diberikan amoksisilin, penisilin. untuk pemakaian antibiotik diinformasikan agar pemakaian sampai habis sesuai dosis agar bakteri yang ada tidak ressiten lagi sehingga apabila terjangkit lagi, dosis obat tidak meningkat.

    hal yang paling penting untuk di beritahukan kepada pasien adalah SETIA PADA PASANGAN dalam berhubungan seksual agar tidak terjangkit penyakit kelamin..

    thanks

  9. assalamualaikum…

    menurut saya kie yang saya berikan adalah:
    1.saya akan bertanya apakah pada saat berhub.seksual menggunakan alat kontrasepsi atau tidak.klo tidak,kemungkinan orang ini terkena penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri nelsseria gonorrheae.jadi sebaiknya,jika berhub lagi selanjutnya disarankan untuk memakai alat kontrasepsi seperti kondom.dan juga,perlu diperhatikan bahwasannya salak satu penyebab terjangitnya pms adl suka bergontaganti pasangan.untuk itu perlu disarankan untuk setia pada satu pasangan saja.
    2.untuk pengobatannya,saya menyarankan supaya mengkonsumsi antibiotik untuk iinfeksi saluran kemih seperti ciprofloxacin.pemakaiannya harus dinabiskan supaya bakteri penyebab penyakit ini dapat mengantisipasi munculnya bakteri sehingga penyakit tidak terjangkit lagi.
    trims…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s