Studi Kasus … Batuk

Seorang ibu hamil 5 bulan pergi ke apotek untuk membeli obat batuk. Suasana apotek pada saat itu sangat ramai sekali, banyak pasien yang datang untuk membeli obat. Sebagai seorang ahli madya farmasi, hal-hal apa saja yang akan anda lakukan ?

About these ads

19 Comments

  1. sebagai ahli madya farmasi yang bekerja pada apotek tersebut saya akan mendahulukan ibu hamil tersebut dengan terlebih dahulu memintakan ijin kepada pasien lain.
    saya sarankan meminum obat laserin karena laserin berisi bahan bahan alami yang suda teruji secara klinis aman bagi ibu hamil.
    ady,akfar4,06.001

  2. sebagai ahli farmasis melihat seorang ibu hamil dan mengalami batuk hendaknya mendahulukan ibu hamil tersebut dengan mengasih obat batuk yang aman untuk ibu hamil misalnya saja di kasih obat decolsin tablet karena obat tersebut banyak di gunakan dalam resep dokter
    dan apabìla saat nendahulukan ibu tersebut ada pasien yang komplen maka kita harus mdnjelaskan dengan penjelasan yang setidaknya bisa di terima oleh pasien.YENI ERNA akfar4,06.078

  3. Keprofesionalan kerja sangat dibutuhkan saat kita berada di lapangan. sebagai seorang ahli madya farmasi yang bekerja dimana sering berinteraksi dengan pasien secara langsung ,saya beranggapan bahwa keadilan dalam melayani konsumen sangatlah penting. hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pasien pada apotek bersangkutan.
    namun aturan tersebut hendaknya juga diberlakukan dengan dasar kemanusiaan, contohnya pada kasus di atas. saya akan sependapat dengan ady dan yeni. bahwa ibu hamil patut didahulukan. saya rasa pasien lain akan mengerti dengan kondisi yang saya alami dan mungkin akan melakukan hal yang sama jika mereka menempati posisi saya.
    untuk masalah batuk, saya akan bertanya terlebih dahulu pada ibu tsb. menderita batuk kering atau batuk berdahak. seandainya dia trserang batuk kering, saya akan menyarankan pemakaian antibiotik amoxycillin 500mg(3×1) selama 3-5 hari dan OBH (3×1 sdm)
    jika masalahnya pada batuk berdahak, saya akan menyarankan penggunaan actifed (hijau) atau bisolvon sirup (3×1) 10 ml

  4. Keprofesionalan kerja sangat kita butuhkan terutama saat bertugas di lapangan. begitu juga dengan kasus di atas, sebagai ahli madya farmasi yang bekerja dimana sering berinteraksi secara langsung dengan pasien. keadilan dalam menangani pasien sangatlah penting, hal ini berkaitan langsung dengan kenyamanan dan kepercayaan konsumen pada apotek bersangkutan.
    Namun aturan tersebut hendaknya juga diberlakukan berdasarkan nilai kemanusiaan
    saya sependapat dengan ady dan yeni. bahwa ibu hamil patut dilayani terlebih dahulu. saya rasa pasien yang lain akan mengerti dengan kondisi yang saya alami dan akan melakukan hal yang sama jika mereka berada di posisi saya.
    untuk masalah batuk, saya akan bertanya pada ibu tsb. menderita batuk kering atau batuk berdahak.
    jika dia menderita batuk kering, saya kan menyarankan pemakaian antibiotik amoxycillin 500mg (3×1) selama 3-5 hari dan OBH (3x1sdm). pada ibu hamil sebaiknya digunakan antibiotik dari golongan penicillin, pemakaian gol.tetraciclin sebaiknya dihindari.
    tetapi jika masalahnya pada batuk berdahak, saya rekomendasikan pemakaian actifed (hijau) atau bisolvon (3x1sdm)

  5. saya sebagai ahli madya farmasi yang menjaga diapotik akan mendahulukan ibu hamil tersebut dengan meminta ijin kepada pasien yang lain
    kemudian saya akan menanyakan bahwa sudah periksa atau belum? dan batuknya seperti apa? jika ibu hamil tersebut sudah periksa maka saya akan sarankan untuk meminum obat yang sesuai dengan penjelasan dari ibu hami tersebut, VERONIKA Akfar4, 06.075

  6. sebagai ahli farmasi, saya akan mendahulukan ibu hamil tersebut dan memberinya obat batuk yang aman diminum bagi ibu hamil dan bayi yang ada dalam kandungannya seperti obat batuk yang berasal dari tanaman herbal karena bahan aktif yang dikandung didalamnya adalah bahan alami merkipun terdapat sedikit bahan kimianya.
    FIFI WIJAYANTI/AKFAR 4/06.024

  7. saya sebagai ahli madya farmasi yg menjaga apotik tersebut akan terlebih dahulu melayani ibu hamil tersebut, dan sebelumnya saya akan memberikan pengertian atau meminta ijin pada pembeli yang lain.
    dan selanjutnya saya akan menanyakan keluhan dari ibu tersebut. jika ibu tersebut hanya membutuhkan obat batuk maka saya menyarankan ibu itu untuk meminum obat laserin. karena laserin merupakan obat batuk yang komposisinya terdiri dari bahan2 alami seperti piper betle (daun sirih), eugenia caryophyllato (cengkeh), abrus precatorius fol (daun saga), zingiber oflicinale (jahe) dll. bahan2 tersebut di olah secara ilmiah dan telah diperiksa oleh balai penyelidikan kimia di bogor dan dinyatakan tigak mengandung zat2 yang dapat membahayakan kesehatan.
    jadi laserin dapat meredahlan batuk dan tidak akan membahayakan bayi yang ada dalam kandungan ibu tersebut. MARIA D.NGEPI-AKFAR IV/06.040

  8. Jika saya sebagai seorang farmasis yang bekerja di apotek, maka saya juga akan menerapkan profesionalitas sebagai seorang farmasis. Maskipun pasien tsb sedang hamil & batuk, tapi kita harus tetap profesional dunk!!tidak bisa seenaknya mempersilahkan ibu tsb untuk dilayani duluan, karena masih banyak pasien yang lain yang telah menunggu lama untuk dilayani yang mungkin saja juga sama butuh obatnya dan sama-sama sedang sakit seperti ibu hamil tsb. Kalau zaman skr kita bersikap seperti itu bisa-bisa kita juga akan mengecewakan pasien lain kan??Solusinya, kita berusaha cekatan dalam melayani pasien shg ibu hamil tsb tidak perlu menunggu lama& pasien tidak kecewa. Ibu hamil tsb bisa diberikan obat batuk yang tidak mengandung campuran beberapa senyawa berbahaya, seperti kafein, alkohol, kodein, efedrin, dan dekstrometrorfan, karena dapat memicu tekanan darah anda dan memicu denyut jantung janin. Dapat diberikan Alternatif obat utk ibu hamil tersebut yang relatif aman seperti laserin& antibiotik amoxisillin (jika didiaknosa ada infeksi bakteri). Kehamilan pada 3mester pertama memang sangat rentan, apalagi bila diberikan obat batuk yang tidak cocok untuk ibu hamil. Selain itu dapat diberikan obat batuk yang juga relatif aman untuk ibu hamil yaitu SILEX sirup, dengan komposisi per 5ml: Guafenesin 37,5 mg, Ekstrak Thymi 250mg, Ekstrak primulae 50mg, Ekstrak althae 175mg, Ekstrak Droserae 25ng, Ekstrak setpylli 175mg, minyak euchalyptus 0,5mg, minyak anisi 1,25mg.Obat ini aman bagi ibu hamil karena terbuat dari bahan herbal& relatif lengkap komposisinya cocok untuk menyembuhkan batuk.
    NOVITA ANJARSARI/AKFAR IV/06.056

  9. sebagai ahli madya farmasi saya akan bersifat adil, saya akan tetep mendahulukan pasien yang pertama datang. karena semua pasien juga membutuhkan obat dengan segera. siapa tahu pasien yang lainnya sakitnya lebih parah dari pada ibu hamil tersebut.KIE yang saya berikan untuk ibu hamil yang sedang sakit batuk pertama saya bertanya apakah batuk ibu tersebut berdahak atau kering. apabila berdahak ahan saya beri laserin karena laserin terbuat daru bahan herbal sehingga aman untuk ibu hamil dan janinnya, apabila batuk ibu tersebut kerung maka saya akan memberi OBP, karena OBP berkhasiat untuk melegakan batuk dan terbuat dari bahan yang tidak membahayakan janin. apabila batuk ibu hamil tersebut tidak sembuh ,maka saya sarankan untuk periksa lebih lanjut kepada dokter.
    Siti hamimah/Akfar IV/ 06.065

  10. Sebagai ahli farmasisaya harus jeli melihat situasi, yang pertama saya lakukan adalah kita melihat terlebih dahulu kondisi ibu hamil tersebut, jika kondisinya sehat – sehat saja ( tidak terlihat kelelahan dan lemah) maka kita persilahkan ibu hamil tersebut untuk duduk ditempat duduk yang telah tersedia dan menunggu guliran antri. namun jika ibu tersebut terlihat kelelahan dan kondisi kurang baik kita lakukan pelayanan terlebih dahulu pada ibu tersebut dan kita beri penjelasan singkat pada pelanggan yang antri tersebut untuk memberi peluang terlebih dahili. biasanya suatu apotek memiliki AA lebih dari 3 orang. dari hal itulah kita belajar untuk sabar. solusi obat batuk yang aman untuk ibu hamil tersebut bisa menggunakan laserin karena tidak mengandung alkohol dan mengandung zat yang aman, serta dilihat dari indikasinya obat tersebut aman untuk ibu hamil
    Rinayanti/Akfar 4/06.063

  11. kalau menurut saya sebagai ahli madia farmasi jika ada seorang ibu hamil yang ingin membeli obat di sebuah apotik yang sedang ramai,maka saya akan melihat kondisi ibu hamil tersebut.apakah kondisi ibu tersebut kuat atau lemah.jika kondisi ibu hamil tersebut lemah maka saya akan mendahulukan ibu hamil tersebut karena melihat kondisinya yang sedang lemah.tapi jika kondisi ibu tersebut kuat maka saya akan melayani sesuai dengan antrian.sedangkan untuk obat sebelumnya saya akan menanyakan jenis batuk apa yang sedang di derita oleh ibu hamil tersebut? saya memberikan oobat batuk yang aman seperti OBH jika ibu hamil tersebuk batuk berdahak,karena kandungan dari OBH aman bagi ibu hamil,selain itu OBH mengandung komposisi yang berasal dari tumbuhan.dan jika batuknya tudak berdahak saya akan memberikan benadryl karena aman untuk ibu hamil.dan jika batuknya belun sembuh saya anjurkan untuk periksa ke dokter.
    Maya dian rosita/akfar iv/06045

  12. Menurut saya jika saya sebagai tenaga farmasias yang bertugas disebuah apotek hal yang pertama saya lakukan adalah: melayani pasien yang datang lebih dulu,saya tidak memandang status seseorang kecuali pasien tsb bemar-benar dalam keadaan darurat atau benar-nenar membutuhkan obat tersebut setelah operasi atau sebagainya apabila tidak memperoleh obat mengancam jiwanya baru layani dulu.,kita ketahui keadaan ibu hamil tsb baik-baik aja cuma battuk biasa tidak terlalu menghuatirkan,dan saya akan menyuruh ibu hamil tsb menunggu sesuai dengan atrian datangnya.dan saya akan menyarankan ibu tersebut untuk meminum obat batuk OBH dimana kita ketahui komposisi OBH dari bahan-bahan alami otomatis aman digunakan untuk ibu hamil bisa juga untuk minum laserin,yang terpenting jangan mengandung alkohol dan kafein.karena bisa membahyakan janin.

  13. Sebagai seorang farmasis yang bekerja di apotek, kami dituntut untuk bekerja secara profesional, cakatan dan cepat dalam melayanin pasien. Baik yang membeli obat, maupun yang hanya bertanya tentang obat. Menurut saya, pasien yang datang terlebih dahulu adalah pasien yang harus didahulukan. Jangan sampai kita mendahulukan pasien yang datang setelah pasien lain. Tapi, hal tersebut dapat dikesampingkan jika pasien yang datang sangat membutuhkan obat dalam waktu yang cepat (segera). Dalam kasus ibu hamil tersebut, saya akan bertanya dahulu apakah obat tersebut harus cepat/segera digunakan atau tidak? jika tidak, saya akan mempersilahkan ibu itu untuk menunggu sebentar. Dengan kata-kata yang halus dan sopan. Tapi sebelumnya saya akan bertanya sakit yang diderita ibu hamil tsb. Jadi ketika kembali menemui ibu tersebut, saya sudah punya pilihan obat yang akan diberikan.
    Obat batuk yang saya anjurkan yang cukup aman untuk ibu hamil adalah SILEX SIRUP, diminum 3 kali sehari satu sendok makan. Dapat pula dikombinasikan dengan antibiotik golongan penicillin seperti Amoksisilin, ampicilin. Yang terpenting, obat yang diberikan kepada ibu hamil harus mengandung bahan-bahan yang aman untuk ibu hamil yaitu terbuat dari bahan-bahan alami. Obat lain yang bisa diberikan yaitu Laserin. Saya juga akan menganjurkan untuk memeriksakan ke dokter, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi bayi yang dikandungnya. Dan juga menganjurkan untuk banyak-banyak beristirahat serta minum air putih yang banyak.

  14. HaLLo paK BiLLaL….BAru gabUng NeCh!!buat e-mail dR minGgu keMrn GA2L trUz..Ya uDh PiNjeM e-Mail tMn aZ,.Aq coba Y tangGepin kaSus Dr bapAk??!
    KaLau meNuruT saya, sebaGai Ahli madya yang bekerJa di bidang PeLayanaN khuSusnya Apotek QtA haRuz bEkerja deNgan Profesionalisme yang tinGgi.
    Saya tidak akan mendahuLukan Ibu HamiL yang meMbeli obat baTuk terseBut, daN TetaP meNDahUlukaN pasiEn Yang AnTri DULuan, kaRena Tidak iBu HmL iTu saja yG mEmbUtuHkan ObaT daN pElayaNan DeNgan cePat. Apabila Qt akan MendahuLukan IbU hamL terSebut deNgan iZin PasiEn lain, ITu SangAt mUstahiL KareNa aKan meMbuanG waktu dan HasiLnya tidak jeLas,.
    Obat yaNg Tepat untuk Ibu haMiL TeRsebUt aDaLah ObAt Batuk yanG MEngAnduNg Bahan” HerbaL, kArena bAhan kiMia dApat MembaHayakAn JaniN. ConToh OBat HERbaL sePerti OBH/OBP (Obat Batuk Hitam/PutiH) aTaU jG LasErin yang MengaNduNg BaHan-bAhan HerbaL, Non Alkohol yanG diJamin aMAN!-gTu Az..

  15. Ass. Pak Bilal. langsung aja ya pak.kalo saya sebagai ahli madya farmasi menghadapi kondisi seperti itu, saya akan tetap bekerja dengan sebaik mungkin. saya akan tetap mendahulukan pasien yang datang terlebih dahulu, mekipun di situ ada ibu hamil yang sudah mengandung 5 bulan. setiap pasien pasti ingin dilayani dengan sebaik mungkin dan setiap pasien juga mempunyai hak yang sama. begitu Pak. truz untuk obat yang cocok bagi ibu hamil itu Laserin atau OBH karena mengandung bahan-bahan alami yang tidak mempunyai efek samping yang merugikan bagi janinnya.
    Jika dengan pemakaian obat tersebut masih belum mendapatkan hasil sebaiknya pasien tersebut memeriksakan ke dokter.Wassalam.

  16. Siang pak,,,,menanggapi kstudi kasus yG bpK berikan, tentunya sebagai seorang Ahli mAdya Farmasi yang profesional kita harus bersikap adil dalam mengambil keputusan,artinya ya,,,tetap mendahulukan pasien yang lain yG datang lebih dahuLu, kRn tDk diketahui ibu tsb menderita batuk parah/tdk.apabila memang batuknya parah, maka kita harus bisa mengambil keputusan yang adil yaitu mendahulukan ibu tsb dG meminta ijin kepada pasien lain yg datang lebih awal…,,,

    untuk masalah penyelasaiannya bisa disarankan obat batuk yang alami sehingga tidak mengganggu ibu dan janinnya,misalnya OB Herbal, Laserin. juga bisa dikombinasikan dengan antibiotik seperti Amoxicylin karena dikhawatirkan batuk tersebut karena terinfeksi oleh bakteri.dan apabila batuk tSb tidak kunjung reda, maka sebaiknya disarankan untuk pergi ke dokter….

  17. SoF!aTuL r0hM@/4kFaR IV/06.068

    AsSkUm p. BiLaL, pAk Mf Y bRu gAbUng…….
    klo saya sebagai ahli madya farmasi tentunya saya harus tetap profesional dunk dalam pekerjaan saya..Itu berarti saya akan tetap mendahulukan pasien yang telah datang terlebih dahulu dari pada ibu hamil tadi, karena bagi saya pasien adalah raja sehingga harus memperoleh pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan. Karena dengan pelayanan yang baik pasien akan senang berkunjung dan membeli ke apotek yang dikelola. Trz ibu hamil tersebut saya persilakan untuk menunggu terlebih dahulu…… And pelayanan kepada pasien harus dilakukan dengan baik n cepat byar nggak lm nunggu……

    Klo bwt ibu hamilnya sendiri saya akan bertnya terlebih dahulu apakah sakit batuk yang beliau derita berdahak atau tidak. Tentunya obat yang akan saya berikan adalah obat yang terbuat dari bahan-bhan alam agar tidak berbahaya untuk ibu hamil dan bayinya, seperti OBH, laserin untuk batuk dahak dan OBP untuk batuk kering.karena obat tersebut tidak mempunyai efek samping yang berbahaya and merugikan janin dalam kandungannya.Selain itu obat batuknya juga bisa dikombinasi dengan antibiotik, misalnya amixocylin karena bisa juga batuknya disebabkan oleh infeksi dari bakteri.tRz kl misalnya batuknya nggak sembuh-sembuh sebaeknya ibu hamil tersebut disarankan untuk pergi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang batuknya…….wassalam

  18. ass. pak bilal.maaf, baru mengomentari sekarang.
    langsung saja ya pak. untuk kasus tersebut, saya sebagai ahli madya farmasi akan melayani sesuai dengan urutan.karena pasien yang lainnya juga membutuhkan dengan segera obat-obatnya. agar si ibu hamil lebih nyaman pada waktu menunggu, slangkah baiknya kita memberikan tempat duduk untuk beliau sampai ibu tersebut mendapatkan pelayanan.

    untuk masalah batuk yang diderita, saya sebagai ahli madya farmasi harus menanyakan apa jenis batuk yang diderita ibu hamil tersebut.apakah batuk berdahak atau batuk kering.

    untuk ibu hamil dilarang minum obat sembarangan karena akan membahayakan bagi sang bayi.

    dianjurkan untuk ibu hami, obat batuk yang relatif aman adalah LASERIN. obat ini memang sangat aman bagi ibu hamil karena terbuat dari bahan herbal, selain itu juga obat ini mampu melancarkan dahak dan melonggarkan pernafasan.untuk efek samping yang ditimbulkan juga sangat sedikit atau bahkan tidak sesuai dosis yang dianjurkan.

    apabila ibu hamil tersebut tetap belum sembuh2 makadianjurkan untuk periksa ke dokter. karena kemungkinan batuknya tersebut diakibatkan virus atau bakteri tertentu sehingga perlu diadakan penanganan khusus.

    thanks ya pakk.

  19. tergantung kondisi, kalau terlihat sang ibu baik2 saja ya tetap kita dahulukan yang sudah duluan ngantri, tapi kita persilahkan sang ibu tuk duduk


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.